Nasional

Penerbangan Internasional Makin Menggeliat, Bea Cukai Tegaskan Kembali Aturan Impor Barang Bawaan Penumpang

INDOPOSCO.ID – Seiring dengan menggeliatnya kembali aktivitas penerbangan internasional, Bea Cukai turut menggalakkan sosialisasi aturan kepabeanan atas barang bawaan penumpang, khususnya barang yang dibawa masuk ke Indonesia/ barang impor. Peraturan tentang barang bawaan penumpang tersebut tertera dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, pada Jumat (03/11) mengatakan impor barang bawaan penumpang terdiri dari barang personal use dan non-personal use.

“Pertama, barang pribadi penumpang atau barang pribadi awak sarana pengangkut yang dipergunakan/dipakai untuk keperluan pribadi termasuk sisa perbekalan (personal use) dan kedua barang impor yang dibawa oleh penumpang atau barang impor yang dibawa oleh awak sarana pengangkut selain barang pribadi (non-personal use),” katanya.

Baca Juga : Bea Cukai Dukung Indonesia Menuju Pusat Produsen Halal Terkemuka Dunia

Apakah untuk setiap barang bawaan penumpang harus dibayarkan kewajiban pabeannya? Firman menjelaskan Bea Cukai memberikan pembebasan bea masuk dan pajak untuk barang impor bawaan penumpang untuk barang personal use dengan nilai pabean paling maksimal free on board/ FOB USD500 per orang untuk setiap kedatangan diberikan pembebebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PPN, PPnBM, dan PPh pasal 22). Namun, jika melebihi batas nilai pabean, maka atas kelebihan tersebut dipungut bea masuk dan pajak dalam rangka impor.

Sedangkan untuk barang personal use yang merupakan barang kena cukai, diberikan pembebasan cukai untuk setiap orang dewasa dengan jumlah paling banyak 200 batang sigaret, 25 batang cerutu, atau 100 gram tembakau iris/produk hasil tembakau lainnya; atau 1 liter minuman mengandung etil alkohol.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button