Nasional

Konferensi Nasional Pesisir Ajang Unjuk Kebolehan Daerah

INDOPOSCO.ID – Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menyelenggarakan Konferensi Nasional (Konas). Untuk Konas tahun ini merupakan X, dan akan digelar pada 9 Desember 2021 di Jakarta. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Mewujudkan Pesisir, Pulau-Pulau Kecil dan Laut sebagai Penghela Ekonomi Biru (Blue Economy) untuk Kesejahteraan Rakyat melalui Tata Kelola Terukur“.

“Penyelenggaraan Konas tahun ini kolaborasi antara KKP, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Bappenas dan Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB. Kegiatan ini juga direncanakan akan dihadiri oleh  Menteri/Kepala Badan berbagai K/L, para Gubernur, Bupati dan Wali Kota, Lembaga Swadaya Masyarakat, serta masyarakat lainnya,” terang Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Pamuji Lestari di Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Ia menerangkan Konas adalah even 2 tahunan. Kegiatan tersebut merupakan ajang komunikasi dan pertukaran informasi untuk meningkatkan kesepahaman mengenai pengelolaan wilayah pesisir terpadu (integrated coastal management/ICM).

“Konas Pesisir diawali pada tahun 1998 di Bogor, Jawa Barat. Pada penyelenggaraan yang pertama kalinya ini telah dihasilkan berbagai kebijakan strategis, di antaranya terbentuknya Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) dan disahkannya Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil,” jelas Tari.

Sedangkan pada Konas Pesisir V tahun 2006 di Manado, untuk pertama kalinya diinisiasi oleh pemerintah pusat (KKP) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, memberikan apresiasi terhadap pemerintah dan masyarakat yang berkontribusi secara langsung dalam pengelolaan pesisir terpadu di wilayahnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button