Nasional

Tingkatkan Budaya Literasi, Balai Efata Kupang Serius Kembangkan Pocadi

INDOPOSCO.ID – Kementerian Sosial (Kemensos) terus berupaya meningkatkan budaya literasi. Caranya? Dengan menggandeng Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dengan mendirikan Pojok Baca Digital (Pocadi) di 41 balai di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini bersama Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando telah menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU pada Kamis, 23 September 2021 untuk terus mengembangkan Pocadi.

Ruang lingkup kerja sama Pocadi meliputi pembinaan, pengembangan, evaluasi dan koordinasi terhadap pengelolaan perpustakaan untuk penyelenggaraan kesejahteraan sosial para Penerima Manfaat (PM) di balai-balai Kemensos.

Baca Juga : Kini Anak Korban Kekerasan Seksual Itu Lebih Gembira, Tim Kemensos Gunakan Terapi Ini

Selain itu, Pocadi juga merupakan model perpustakaan dengan format buku digital (e-book) dan layanan buku tercetak, yang diharapkan mendorong peningkatan budaya literasi di balai-balai milik Kemensos dan masyarakat sekitar.

Kelebihan Pocadi adalah menggunakan konsep digital library dalam membangun interaksi pemustaka melalui fitur dalam aplikasi iPusnas baik untuk meminjam, membaca maupun untuk berbagi koleksi dan informasi.

Dengan fitur iPusnas menjadikan meminjam dan membaca buku digital serta berdiskusi antarpembaca bisa dilakukan oleh penerima manfaat maupun pegawai Kemensos di manapun, kapanpun tanpa batas ruang dan waktu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button