Nasional

KPI Dinilai Gagal Mendukung Pemulihan Korban Pelecehan dan Perundangan MS

INDOPOSCO.ID – Tim Penyelidikan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyampaikan, hasil temuan terkait kasus dugaan perundangan dan pelecehan seksual terhadap pegawai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI Pusat).

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara menyebutkan, kuat dugaan terjadi adanya peristiwa perundungan terhadap MS dalam bentuk candaan atau humor.

Bersifat menyinggung dan meledek kondisi dan situasi kehidupan pribadi individu, kebiasaan dalam relasi antar pegawai di lingkungana KPI yang memuat kata-Kata kasar dan seksis di lingkungan KPI.

“Adanya candaan atau humor yang bersifat serangan fisik seperti memaksa membuka baju, mendorong bangku atau memukul,” kata Beka dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (29/11/2021).

Baca Juga: Bejat, Tetangga Tega Cabuli Anak di Bawah Umur

Komnas HAM juga menemukan perlakuan tidak menyenangkan itu menimpa pegawai KPI Pusat lainnya. Namun, tindakan tersebut tidak pernah diusut secara serius. Karena beranggapan hanya candaan biasa.

“Kuat dugaan peristiwa perundungan juga terjadi pada pegawai KPI lainnya, namun hal tersebut dianggap sebagai bagian dari humor, candaan, lelucon yang menunjukkan kedekatan
pertemanan rekan kerja,” tutur Beka.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button