Nasional

Pengamat Apresiasi Program Polri di Bidang Kesehatan

INDOPOSCO.ID – Langkah Polri melakukan penerimaan khusus perwira dokter spesialis dan dokter umum patut diapresiasi.

Setelah melalui Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa), baru- baru ini Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono melantik dua ratus lebih perwira polisi dari sumber dokter spesialis dan dokter umum di Setukpa Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri, Sukabumi.

Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Dr. Emrus Sihombing mengatakan keputusan Kapolri melakukan penerimaan khusus perwira dokter spesialis dan dokter umum ini merupakan respons strategis penguatan satuan kesehatan Polri dalam mengatasi Covid-19 di tanah air.

“Keputusan ini menggambarkan betapa Kapolri mempunyai sense of crisis yang baik dalam rangka penanganan Covid -19 di Indonesia. Kita semua merasakan bahwa dampak Covid-19 tak hanya beban di bidang kesehatan, tetapi mempunyai efek domino ke berbagai sendi kehidupan masyarakat lainnya, utamanya bidang kesejahteraan ekonomi,” ujar Emrus, Minggu (28/11/2021).

Menurut Emrus, Kapolri terpanggil memberi dukungan menyukseskan penanganan Covid-19 di negeri ini dengan melibatkan unsur kesehatan, termasuk tenaga dokter spesialis dan dokter umum yang dimiliki institusi kepolisian.

“Mengingat kebutuhan tenaga dokter di institusi kepolisian kita saat ini, Kapolri membuat terobosan jitu di tahun pertama masa jabatannya dengan membuka penerimaan khusus perwira untuk para dokter spesialis dan dokter umum. Penerimaan ini merupakan kali pertama Polri melakukan penerimaan khusus perwira sumber sarjana yang seluruh pesertanya berasal dari kedokteran. Biasanya jumlah peserta perwira sumber sarjana Polri dari bidang kedokteran kisaran puluhan lebih siswa setiap tahun. Karena itu, program Polri bidang kesehatan, termasuk penanganan Covid-19 perlu kita apresiasi,” kata Emrus.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button