Nasional

Garda Transfumi Bantu UMKM Tingkatkan Usaha

INDOPOSCO.ID – Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Mercy Corps Indonesia membentuk program Transfumi (Transformasi Formal Usaha Mikro) sebagai implementasi PP 7/2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan KUMKM.

Neng Wiwin, salah satu relawan Garda Transfumi mengatakan dalam melakukan tugasnya ia mendampingi, mengarahkan, serta membimbing para UMKM supaya skala usahanya dapat meningkat. Salah satunya dengan mengajarkan business plan, dan melatih para pelaku UMKM dalam membuat goal setting.

“Kemudian dengan adanya kegiatan Transfumi ini juga kami juga mengajak mereka (UMKM) untuk mempunyai legalitas usaha,” kata Wiwin.

Saat ini sudah lebih dari 3000 UMKM, dan 400 mentor dari berbagai wilayah di Provinsi Banten yang ia dampingi. Dari kegiatan pendampingan tidak sedikit UMKM yang berhasil dalam meningkatkan skala usahanya. Adapun yang belum berhasil ia akui karena terkenda mindset dari UMIKM yang menganggap belum membutuhkan tenaga pendamping.

“Terkadang UMKM sendiri berfikir bahwa mentoring itu tidak penting, tapi hal ini mereka akan semakin tertantang melihat teman-teman mereka yang kami sudah mentoring dan akhirnya berhasil,” ungkap Wiwin.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button