Nasional

KPK Periksa 11 Saksi Terkait Gratifikasi Adik Mantan Bupati Lampung Utara

INDOPOSCO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa 11 saksi untuk melengkapi berkas tersangka Akbar Tandaniria Mangkunegara (ATMN), adik mantan Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara.

“Hari ini (24/11/2021) penyidikan perkara terkait dugaan gratifikasi di Pemerintahan Kabupaten Lampung Utara tahun 2015 sampai dengan 2019 untuk tersangka ATMN,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Rabu (24/11/2021).

Ali mengungkapkan, pemeriksaan saksi bertempat di Kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Lampung.

Para saksi yang diperiksa yakni Eka Saputra, swasta; Ery Riswan,swasta; Fahrozi, swasta; Hadie Reyandi Chandra, swasta; Hermansyah, swasta; Ibnu Hajar, swasta; Iwan Riyawan Putra, swasta; Muhammad Farhan, swasta; Tamsir, swasta; Fria Apris Pratama, PNS; dan
Maryadi Buruh, harian lepas.

Untuk diketahui, KPK menetapkan Akbar Tandaniria Mangkunegara menjadi tersangka dalam kasus penerimaan gratifikasi tahun 2015-2019, pada Jumat (15/10/2021).

Penetapan tersangka terhadap Akbar ini berawal dari fakta persidangan perkara kakak kandungnya, Agung Ilmu Mangkunegara (Bupati Kabupaten Lampung Utara periode 2014-2019). Selanjutnya KPK melakukan penyelidikan. KPK menemukan bukti permulaan yang cukup dan meningkatkan perkara ini ke tahap penyidikan pada April 2021.

Perkara ini adalah perkara pengembangan di mana sebelumnya KPK juga telah menetapkan dua orang tersangka yakni Agung Ilmu Mangkunegara (Bupati Kabupaten Lampung Utara periode 2014-2019), dan Syahbudin (Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang/PUPR Kabupaten Lampung Utara). Perkara keduanya telah diputus oleh Pengadilan Tipikor dan telah berkekuatan hukum tetap.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button