Nasional

Apa Saja Sih yang Dibutuhkan Industri, Ini Penjelasan Kemendikbudristek

INDOPOSCO.ID – Pendidikan vokasi dekat dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), yakni melalui kemitraan pada proses pembelajaran, pengembangan, penguatan sumber daya manusia (SDM), hingga perekrutan lulusan vokasi.

Pernyataan tersebut diungkapkan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto dalam acara daring, Selasa (23/11/2021).

Ia menuturkan, para siswa dan mahasiswa selama masa studinya harus mendapatkan pengalaman dan merasakan kultur dari dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja. Sehingga saat lulus nanti bisa menjadi SDM yang terampil, siap kerja dan memenuhi kebutuhan industri.

Baca Juga : Siap-siap Lulusan SMK Baru! Ada Program D2 Hanya Cukup Ditempuh 1,5 Tahun Lho!

“Kalau bicara hard skills, lulusan vokasi sudah cukup kompeten dan menguasai. Namun yang perlu untuk ditingkatkam adalah soft skills, meliputi kemampuan berkomunikasi, team work, leadership, integritas, kemandirian, dan karakternya,” ungkap Wikan.

Pemerintah saat ini, menurut dia, fokus membangun SDM melalui pendidikan vokasi. Sebab, SDM vokasi yang unggul berpotensi menjadi pendongkrak peningkatan ekonomi nasional dan daya saing bangsa.

Salah satu komitmen dari Pemerintah ialah mewujudkan link and match.

Baca Juga : Ini Pasal yang Jadi Kontroversi Dalam Permendikbudristek 30 Tahun 2021

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button