Nasional

Masjid Harus Jadi Wadah Pemersatu

INDOPOSCO.ID – Lantunan ‘Indonesia Raya’ dengan iringan biola mengumandangkan semangat pemuda remaja masjid di Masjid Agung Sunda Kelapa. Lantunan ini mengawali perayaan hari Jumat dalam wakaf ilmu, yaitu program diskusi yang diselenggarakan secara rutin oleh ALIF (Alhamdulillah it’s Friday!).

Fajar Hasanie selaku penggagas menyatakan, masjid harus menjadi wadah pemersatu. Pemuda dengan apapun latar belakangnya dapat berkolaborasi di sini. Munculnya gerakan ALIF di Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta ini merupakan pilot project yang sekaligus menjadi momen bersejarah.

“Ini merupakan pilot project agar setiap Jumat masjid bisa menghasilkan aktivitas produktif bagi anak muda. Dengan begitu partisipasi anak muda pun kian meningkat sehingga berdampak positif dalam memajukan peradaban,” ujarnya kepada media, Jumat (19/11/2021).

Baca juga: Masjid Terapung Segera Hadir di Tanah Bumbu Kalsel

Ketua Ekonomi Masjid DMI dan Pembina ALIF, Arief Rosyid Hasan menambahkan, masjid di zaman Rasulullah tidak hanya untuk ibadah secara vertikal, tapi juga ibadah secara horizontal.

“Nah, kita kontekstualisasikan dengan Indonesia yang memperoleh bonus demografi dan surplus anak muda, masjid harus menjadi wadah aktivitas produktif bagi anak-anak muda,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button