Nasional

RI-Saudi Perkuat Kerja Sama Sektor Logistik

INDOPOSCO.ID – Indonesia dan Arab Saudi memandang pentingnya mengembangkan sektor logistik sebagai upaya peningkatan kinerja perdagangan antara kedua negara, terlebih logistik dunia saat ini tengah bertransformasi karena pandemi Covid-19 dan teknologi digital.

Hal tersebut mengemuka dalam seminar web (webinar)‘ Strategi Logistik Perdagangan Indonesia–Arab Saudi di Era Logistik 4. 0’ yang digelar secara hibrida oleh Kementerian Perdagangan RI bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Riyadh.

Baca Juga : Investor Thailand Diajak Berinvestasi Di Sektor Logistik Indonesia

“Perkembangan sektor logistik di Indonesia cukup pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Kami harap webinar ini dapat mendukung terciptanya smart logistics untuk menghadapi era 4. 0 yang serba digital, real- time dan terintegrasi,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan lewat keterangannya diterima di Jakarta, Kamis (11/11/2021).

Seminar tentang logistik perdagangan itu menjadi bagian dari tindak lanjut Plan of Action (PoA) Kerja Sama Indonesia–Arab Saudi di bidang perdagangan. Oke menambahkan, pelaksanaan seminar kali ini ingin memberikan informasi mengenai empat hal terkait logistik.

Pertama, peluang dan tantangan logistik perdagangan di era logistik 4. 0. Kedua, rancangan kebijakan bidang logistik yang perlu diterapkan di era logistik 4. 0.

Baca Juga : Pelabuhan Patimban Perkuat Logistik Jawa

Ketiga, kebutuhan dan standar infrastruktur, teknologi informasi, dan sumber daya manusia yang diperlukan di era logistik 4. 0.

Keempat, penataan peluang informasi bagi pelaku usaha baik dalam negeri maupun luar negeri dalam pengembangan sistem logistik perdagangan di era logistik 4. 0.

“Karakteristik negara kepulauan memiliki tantangan tersendiri bagi sektor logistik. Proses pengantaran barang dari satu daerah ke daerah lain, dari satu pulau ke pulau lain, maupun dari Indonesia ke mancanegara sangat penting dan menjadi perhatian pemerintah untuk menjamin kesejahteraan penduduk dan meningkatkan daya saing nasional,” pungkas Oke.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button