Nasional

Kecepatan Berita Tak Boleh Abaikan Akurasi

INDOPOSCO.ID – Kecepatan dan kemudahan dalam menyampaikan informasi merupakan salah satu keunggulan dari media online. Namun, paling penting tetap mengutamakan akurasi dalam menulis berita.

Komika yang sebelumnya berprofesi sebagai seorang jurnalis musik, Soleh Solihun mengingatkan para pekerja media massa tidak mengorbankan akurasi ketika menyajikan berita kepada masyarakat.

Akurasi harus menjadi salah satu poin penting yang selalu dipegang teguh oleh para jurnalis dalam menuliskan berita.

“Cepat boleh, tapi juga harus akurat,” kata Soleh Solihun saat berbincang dengan Indoposco di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Senin (1/11/2021).

Media-media online seakan berlomba-lomba mendapatkan yang tercepat menayangkan berita tertentu. Itu terkadang membuat penyajian berita tidak berimbang atau melewatkan memeriksa kembali laporan berita.

Meskipun karakteristik penyajian informasi media online bersifat realtime. Sebisa mungkin dapat mewartakan berita berimbang. Masyarakat juga berhak menerima berita secara utuh.

“Karena berlomba-lomba dalam menyajikan berita supaya lebih cepat, jadinya kadang malas untuk crosscheck atau malas ngasih berita berimbang kalau memberitakan satu topik, hanya ke satu narasumber,” tutur Soleh.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button