Nasional

Ini Langkah Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Instansi Lainnya

INDOPOSCO.ID – Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di bidang kepabeanan, Bea Cukai membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak, khususnya aparat penegak hukum, instansi pemerintahan, pihak swasta, dan masyarakat. Mempererat sinergi dengan berbagai pihak tersebut, kantor-kantor pelayanan Bea Cukai┬ádi berbagai daerah kerap menggelar kegiatan yang mempertemukan beragam instansi, hingga terjadi diskusi dan koordinasi di dalamnya.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, pada Jumat (29/10) mengatakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Bea Cukai sungguh variatif, “Mulai dari pelatihan anjing pelacak bersama BNN dan Polri, peninjauan pengolahan data perusahaan-perusahaan bersama BPS, audiensi kepada pengguna jasa, hingga kegiatan pelepasan puluhan burung endemik khas Papua.”

Ia menyebutkan Bea Cukai bekerja sama dengan BNN RI, BNNP Bali, dan Polda Bali, mengadakan kegiatan pelatihan bersama penguatan kemampuan pawang dan satwa K-9 pada Rabu (27/10) di Mess K-9 Bea Cukai Bali & Nusa Tenggara.

“Melalui kegiatan tersebut, kami mengajak seluruh instansi agar bersama-sama bersinergi melindungi masyarakat dan negara dari penyalahgunaan dan penyelundupan narkotika serta obat-obat terlarang lainnya. Diharapkan program pelatihan bersama tersebut dapat dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan, bahkan dapat dilakukan operasi bersama,” ujar Firman.

Baca Juga : Bea Cukai Cirebon Gagalkan Peredaran 784.000 Batang Rokok Polos di Majalengka

Tak hanya di bidang penindakan, kerja sama Bea Cukai di bidang pengawasan juga terjalin dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam kegiatan peninjauan pengelolaan data demi statistik yang semakin akurat. Bea Cukai Batam dan BPS mengunjungi tiga perusahaan di Kota Batam, yaitu PT Sat Nusapersada, Tbk., PT Pegatron Technology Indonesia, serta PT Batam Teknik, pada Kamis (28/10) untuk meninjau proses bisnis pengelolaan data ekspor dan impor di perusahaan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button