Nasional

MenKopUKM: Sinergi Perkuat Daya Saing UMKM untuk Kembangkan Pasar Nasional dan Global

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka mendorong ekspor produk UMKM, Kementerian Koperasi dan UKM mendorong adanya sinergi digitalisasi KUKM dengan melibatkan kementerian dan lembaga terkait dengan konsep yang terintegrasi dan mendorong pelaku usaha Indonesia untuk dapat berdaya saing.

“Juga, agar dapat berkompetisi dan menguasai pasar, baik nasional dan internasional,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, pada acara penutupan Konferensi Ekspor Nasional 2021: Mengangkat Potensi Ekspor Rempah, secara daring, Rabu (28/10/2021).

Di antaranya, bekerja sama dengan Atase Perdagangan dan ITPC di 44 negara dalam pengembangan ekspor UKM khususnya market intelligence, promosi luar negeri, business matching, hingga kolaborasi dengan GIZ melalui platform e-catalogue-Semesta KemenKopUKM, serta ASEAN Access.

Data menyebutkan, pada Kuartal I 2021, nilai ekspor rempah Indonesia mencapai US $218,69 juta, atau meningkat 19,28 persen dibandingkan periode sebelumnya. Adapun komoditas dengan pangsa pasar terbesar adalah lada 22,04%, cengkeh 16,65 %, bubuk kayu manis 12,16%, vanila 10,42%, pala 10,09%. Dengan negara tujuan ekspor di antaranya Singapura, UAE, Maroko, Algeria, Tunisia, USA, Belanda, Brazil, Jerman, dan Belgia.

“Kami juga sedang menginisiasi kerja sama dengan SIPPO (Swiss Import Promotion Programme) dalam pengembangan natural ingredients termasuk produk rempah inline dengan program Spice Up to the World,” ujar Teten, di acara yang dihadiri Mendikbudristek RI Nadiem Makarim, Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno, Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih, serta Kepala Sekolah Ekspor Handito Joewono.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button