Nasional

Pemerintah Klaim Upah Minimum 2022 Naik

INDOPOSCO.ID – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menggelar dialog bersama Dewan Pengupahan Nasional (Depenas) dan Badan Pekerja Lembaga Kerja Sama Tripartit Nasional (BP LKS Tripnas). Pertemuan tersebut dilakukan menjelang penetapan Upah Minimum (UM) Tahun 2022.

“Pertemuan dilakukan untuk membahas langkah strategis untuk menetapkan Upah Minimum,” ujar Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial (PHI) dan Jaminan Sosial (Jamsos), Kemnaker Indah Anggoro Putri dalam keterangan, Sabtu (23/10/2021).

Penetapan upah minimum sejalan dengan berlakunya Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 tahun 2021 tentang Pengupahan.

Dalam pertemuan tersebut disepakati penetapan Upah Minimum yang sesuai dengan ketentuan PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan. “Bagi para pihak yang tidak puas, mereka bisa menggunakan mekanisme gugatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” katanya.

Dia menyadari bahwa penetapan Upah Minimum tidak dapat memuaskan seluruh pihak. Pasalnya, energi seluruh anak bangsa telah terkuras untuk penanganan Covid-19. “Depenas dan LKS Tripnas berharap harus saling menahan diri, agar dapat segera keluar dari tekanan akibat pandemi Covid-19,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button