Nasional

Mutu Layanan Ketenagalistrikan Meningkat pada Triwulan III/2021

INDOPOSCO.ID – Mutu layanan ketenagalistrikan meningkat pada triwulan III/2021. Hal ini terlihat dari capaian System Average Interruption Duration Index (SAIDI) dan System Average Interruption Frequency Index (SAIFI) yang membaik dibanding capaian tahun lalu. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana menyampaikan hal tersebut dalam konferensi pers virtual Capaian Subsektor Ketenagalistrikan pada triwulan III/2021, Kamis (21/10).

SAIDI adalah ukuran seberapa lama padam, sementara SAIFI adalah ukuran seberapa sering padam. Makin kecil capaiannya dari target, maka makin bagus.

“Hingga triwulan III/2021, capaian SAIDI nasional mencapai 6,62 jam/pelanggan/tahun. Sedangkan target 2021 adalah 10 jam/pelanggan/tahun. Ini lebih kecil dibanding realisasi tahun 2020 yang mencapai 12,72 jam/pelanggan/tahun,” ujar Rida.

Baca Juga : Wamenkeu: Transisi ke EBT Harus Dilakukan

Sementara itu, capaian SAIFI nasional hingga triwulan III/2021 4,96 kali/pelanggan/tahun. Sedangkan target 2021 adalah 8 kali/pelanggan/tahun dan realisasi tahun 2020 mencapai 9,25 kali/pelanggan/tahun.

“Jadi kini sudah jarang mati lampu dan kalaupun mati lampu juga sebentar saja,” kata Rida.

Ia lalu menyampaikan kondisi pasokan listrik saat ini. “Yang pasti kondisi listrik lebih dari cukup saat ini dan hingga akhir tahun tidak ada kenaikan tarif listrik,” Rida menegaskan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button