Nasional

Lingkungan Pondok Pesantren Jadi Tempat Tumbuhnya UMKM

INDOPOSCO.ID – Kementerian Agama (Kemenag) telah menjadikan kemandirian pesantren sebagai salah satu program prioritas. Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, upaya menguatkan kemandirian pesantren menemukan momentum yang tepat karena ada tiga ekosistem pendukung.

Ketiganya, lanjut Wamenag, adalah ekosistem digital, ekosistem UMKM, dan ekosistem halal.

“Pandemi mampu mengakselerasi digitalisasi di berbagai sektor di Indonesia. Semua aktivitas ekonomi sebagian besar kini mulai beralih menjadi platform digital, tidak terkecuali di lingkungan pondok pesantren,” ujar Wamenag, saat memberikan sambutan pada Simposium Khazanah Pemikiran Santri Dan Kajian Pesantren ‘Al-Multaqo Ad-Dawliy Lil-Bahts ‘An Afkar At-Thullab Wa-Dirasat Pesantren’ atau Mu’tamad di Kota Tangerang Selatan, Kamis (14/10/2021).

Momentum lainnya, dikatakan Zainut, adalah ekosistem usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dunia usaha masyarakat sekitar pondok pesantren (ponpes) sebagian besar adalah dari kalangan UMKM.

“Bila terjadi kolaborasi pesantren dan UMKM di sekitarnya maka akselerasi pemberdayaan ekonomi pesantren dan masyarakat akan bisa terjadi lebih cepat,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button