Nasional

Kemensos Berikan Bantuan untuk Korban Kebakaran Badui

INDOPOSCO.ID – Kementerian Sosial merespons pascakebakaran permukiman Suku Badui Luar dengan pendekatan kearifan lokal di wilayah Kampung Cepak Huni, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwi Damar, Kabupaten Lebak, Banten.

Langkah tersebut dilakukan sebab terdapat tradisi khusus bagi masyarakat Badui, salah satunya terkait dengan kebutuhan sandang saat akan memberikan bantuan.

“Bantuan yang terkait kebutuhan sandang, masyarakat Baduy harus menggunakan pakaian kampret bagi pria dan pakaian kebaya bagi perempuan, ada karembong (kain panjang, biasa untuk menggendong anak, red.) dan lomar (lomar atau romal adalah ikat kepala khas Suku Baduy, red.),” ungkap Analis Bencana Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kementerian Sosial, Kresno Aji, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Kresno dari lokasi kebakaran menyatakan bahwa untuk penanganan berjalan dengan baik dan optimal agar menyesuaikan dengan kearifan lokal masyarakat setempat.

Menindaklanjuti arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini, Dinas Sosial Provinsi Banten telah mendistribusikan bantuan berupa beras satu ton, tenda gulung merah 24 lembar, perlengkapan dapur mandiri 24 paket, makanan anak 24 paket, makanan siap saji 468 paket, serta “kids ware” enam paket.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Banten Tajul Arifin menyatakan setelah mendapat informasi kebakaran, pihaknya langsung menerjunkan tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke lokasi kejadian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button