Nasional

Kementan Dorong Alumni Polbangtan Lahirkan Petani Milenial Papua

INDOPOSCO.ID – Dalam upaya mendukung program utama pengembangan 2,5 juta petani milenial, Kementerian Pertanian (Kementan) RI terus bergerak. Strategi utama, dengan menggelar pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kapasitas petani di seluruh Indonesia termasuk di wilayah Papua.

Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan, upaya peningkatan kapasitas petani terus dilakukan, terutama dalam melakukan pengembangan usaha melalui akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan optimalisasi kegiatan agrobisnis secara berkelanjutan.

“Langkah tersebut bagi para petani milenial dalam upaya rangka menumbuhkan jiwa kewirausahaan pertanian bagi petani milenial,” katanya.

Mentan Syahrul berharap sektor pertanian di Papua bisa maju dan menjadi pendapatan utama yang mendukung ekonomi daerah, karena potensi pertanian Papua luar biasa.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi juga menyampaikan pentingnya peningkatan SDM pertanian bagi pembangunan pertanian.

“Jika ingin pertanian maju, majukan dahulu kualitas SDM, karena SDM yang berkualitas akan hadirkan inovasi dan terobosan yang dibutuhkan pertanian,” ujarnya.

Simon Sirene Sau, sosok alumni Polbangtan Manokwari yang kini menjadi Ketua Jurusan Agribisnis di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanah Miring di Kabupaten Merauke. Dia meluncurkan program SMK berbasis industri, keunggulan wilayah dan technopark sebagai realisasi peningkatan mutu pendidikan yang mampu bersaing dengan dunia industri.

Menurutnya, pendidikan vokasi menjadi salah satu kunci cikal-bakal lahirnya petani milenial. Tak pelak aneka prestasi baik tingkat provinsi hingga nasional diraihnya lantaran jiwa militannya memajukan pertanian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button