Nasional

Dua Siklon Tropis akan Berdampak ke Indonesia

INDOPOSCO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) memonitoring Siklon Tropis yang tumbuh di Belahan Bumi Utara Indonesia berpengaruh ke Tanah Air.

“Siklon Tropis Lionrock maupun Kompasu dalam 24 jam ke depan dapat memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di Indonesia, yaitu potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara,” ucap Kepala Pusat Meteorologi Publik A. Fachri Radjab seperti dikutip Antara, Sabtu (9/10/2021).

Menurut Fachri, ada 2 siklon tropis yang terpantau di bagian bumi utara, ialah Siklon Tropis Lionrock yang berkembang semenjak 08 Oktober 2021 dan Siklon Tropis Kompasu yang berkembang pada tanggal yang sama.

Siklon Tropis Lionrock terletak di Laut China Selatan sebelah selatan China, tepatnya di 18,0 Lintang Utara, 110,9 Bujur Timur dengan kecepatan angin maksimal mencapai 35 knots (65 kilometer atau jam) dan titik berat udara minimal di pusatnya mencapai 994 hPa.

Siklon tropis Lionrock bergerak perlahan ke arah utara menghindari wilayah Indonesia dan diprakirakan intensitasnya hendak bertambah dalam 24 jam ke depan. Sebaliknya Siklon Tropis Kompasu tercipta di sekitar wilayah Samudra Pasifik Barat sebelah timur Filipina, tepatnya di 13, 8 Lintang Utara, 131, 5 Bujur Timur dengan kecepatan angin maksimal di sekitar sistemnya mencapai 35 knots (65 kilometer atau jam) dan titik berat udara di pusatnya mencapai 998 hPa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button