Nasional

PTM Peluang Optimalkan Infrastruktur di Sekolah

INDOPOSCO.ID – Sosiolog Universitas Udayana (Unud) Bali Wahyu Budi Nugroho mengatakan bahwa penerapan pembelajaran tatap muka (PTM) dapat menjadi peluang dalam mengoptimalkan infrastruktur di sekolah.

“Ada peluang di masa PTM ini juga bisa merintis pemanfaataan teknologi yang optimal di sekolah-sekolah. Selain itu, selama ini juga banyak keluhan tentang sekolah dengan infrastruktur dan teknologi yang belum memadai. Nah, PTM ini bisa jadi peluang memaksimalkan hal tersebut,” katanya saat dikonfirmasi di Denpasar, Bali, Minggu (3/10).

Ia mengatakan pemanfaatan teknologi tetap harus dioptimalkan meskipun PTM sudah berlaku. Pemanfaatan teknologi ini juga nantinya dapat membantu sistem pembelajaran secara hybrid, yaitu daring dan luring.

“Yang jelas saat ini masih harus memanfaatkan teknologi meskipun telah mulai PTM. Jadi untuk sekolah dengan jumlah ruangan yang kurang misalkan nanti setengah siswa bisa hadir dan setengahnya bisa daring, artinya teknologi masih diperlukan,” katanya dilansir Antara, Minggu (3/10/2021).

Untuk beberapa sekolah, kata dia, ada yang memiliki kapasitas ruangan mencukupi dan ada yang kurang jumlahnya sehingga dengan bantuan teknologi ini dapat membantu mempermudah pembelajaran secara hybrid.

Menurutnya jika ruangan dan pengajar yang juga terbatas, maka lebih baik tetap memaksimalkan teknologi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button