Nasional

Neraca SDA Laut Harus Rem Pembangunan Tak Berkualitas

INDOPOSCO.ID – Koordinator Nasional Destructive Fishing Watch (DFW) Indonesia, Moh Abdi Suhufan mengingatkan bahwa neraca sumber daya laut yang sedang disusun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan berbagai pihak harus mampu mengerem laju pembangunan yang tidak berkualitas.

“Dengan adanya neraca akan mengikat para pihak untuk setidaknya mengerem laju pembangunan tidak semata tumbuh tapi juga berkualitas, prolingkungan dan berkeadilan,” kata Moh Abdi Suhufan kepada Antara di Jakarta, Minggu (3/10).

Apalagi, pada saat ini masih terjadi pembangunan di berbagai daerah yang dinilai tidak mendukung tapi malah mengurangi fungsi ekologis dari ekosistem kawasan perairan nasional.

Abdi menyatakan, indikator dari neraca sumber daya laut tersebut diharapkan bisa disusun bersama- sama antara KKP dengan berbagai pemangku kepentingan utama sektor kelautan dan perikanan.

“Yang paling penting adalah konsensus dan kesepakatan bersama tentang indikator subsektor yang masuk dalam neraca itu. Selanjutnya adalah ketersediaan data yang up to date dan konsisten untuk mengukur status neraca,” katanya.

Ia berpendapat bahwa selama ini data sektor kelautan perikanan cukup banyak tapi tidak terkonsolidasi dengan baik.

Bila neraca tersebut telah prolingkungan, lanjutnya, diharapkan akan dilakukan dengan penuh komitmen dan konsisten oleh berbagai pihak terkait.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button