Nasional

Genap Delapan Tahun, Semangat Transformasi PT Pertamina Lubricants untuk Negeri

INDOPOSCO.ID – PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), yang mengelola usaha pelumas genap berusia delapan tahun pada 23 September 2021 ini.

Mengusung tema *Semangat Transformasi Untuk Negeri*, PTPL secara konsisten telah memberikan kontribusi terhadap kemajuan dan perkembangan industri pelumas di tanah air. Hal ini dicapai melalui perjalanan transformasi selama delapan tahun yang sejalan dengan perubahan iklim bisnis, teknologi dan industri dunia saat ini.

Sejak berdirinya sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero) di tahun 2013 dan resmi menjadi bagian dari Sub holding Commercial & Trading di tahun 2021, PTPL terus mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di pasar pelumas domestik pada sektor otomotif dan industri sekaligus mampu membawa nama pelumas Pertamina di 14 negera di dunia.

*Direktur Utama PTPL Ageng Giriyono* mengatakan, “Tahun 2021 masih memberikan tantangan yang besar bagi berbagai sektor industri tak terkecuali sektor industri pelumas. Namun, selama delapan tahun, PTPL telah membangun fondasi bisnis yang kokoh, konsisten memperkuat proses-proses bisnis dan terus menggali potensi serta peluang pasar sehingga mampu bertahan bahkan mendukung upaya transformasi Pertamina secara menyeluruh.”

PTPL terus memperkuat komitmennya untuk mencapai visi perusahaan dalam rangka transformasi menuju perusahaan pelumas kelas dunia melalui berbagai inisiatif dan langkah strategis.

Ageng melanjutkan, “PTPL kini berlari lebih cepat dan agresif dalam penguatan bisnis eksisting dengan inovasi produk dan layanan baru, melakukan pengembangan bisnis yang lebih luas, dan meningkatkan digitalisasi end to end process.”

*Transformasi Digital*

Tahun ini, PTPL memperkuat penerapan proses end-to-end digitalization dalam proses produksi, distribusi dan pemasaran. Diantaranya digitalisasi integrated supply chain melalui tiga proses yakni Distribution Management System, Product Digitalization Manager dan Warehouse Management System, kemudian implementasi digital procurement serta POWER Enhancement yakni menghadirkan fitur baru Power Ordering pada aplikasi POWER (Pertamina Owner & Mechanic Reward) yang mempermudah mitra outlet bengkel untuk memesan pelumas secara real-time.

Tak hanya itu, PTPL juga terus berupaya untuk memperlebar layanan perbankan berbasis digital untuk memberikan kemudahan finansial bagi distributor, vendor dan outlet bengkel dengan menjalin kerja sama dengan bank-bank BUMN.

Hal ini merupakan bagian dari langkah strategis untuk memperkuat bisnis di era industri 4.0.

*Tingkatkan Pelayanan Sektor Industri dan Memanfaatkan Peluang Non-Lubricants*

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button