Nasional

Pemerintah Antisipasi Third Wave Covid-19 saat Libur Natal dan Tahun Baru

INDOPOSCO.ID – Penurunan kasus Covid-19 yang sangat drastis di Indonesia saat ini merupakan kabar menggembirakan sekaligus menjadi tantangan tersendiri. Tidak hanya bagi pemerintah tetapi juga bagi seluruh lapisan masyarakat.

Sebab, kondisi menurunnya kasus Covid-19 bisa membuat masyarakat lengah, abai terhadap protokol kesehatan serta menyepelekan Covid-19.

Karena itu, pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19, mengajak masyarakat untuk mengantisipasi gelombang ketiga (third wave) Covid-19, dengan cara belajar terkait  tren lonjakan kasus jika disandingkan antara Indonesia dan dunia.

Juru Bicara dan Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan pada lonjakan pertama, baik Indonesia maupun dunia sama-sama mengalaminya di periode natal dan tahun baru,  pada bulan Januari 2021. Namun, dunia mengalami second wave (gelombang kedua)  lebih cepat dibandingkan Indonesia yaitu pada bulan April 2021.

“Indonesia baru menyusul second wave pada bulan Juli 2021 atau selang 3 bulan dari second wave dunia,” ujar Wiku, Rabu (22/9/2021).

Ia menjelaskan, saat dunia sedang mengalami second wave, Indonesia justru sedang mengalami titik terendah kasus mingguan. Dan pada saat Indonesia sedang mengalami kasusnya meningkat, justru dunia sedang mengalami penurunan kasus sebelum akhirnya kembali meningkat dan mencapai third wave (gelombang ketiga).

Dari perbandingan pola kasus antara dunia dan Indonesia, kata Wiku, dapat diambil pelajaran bahwa adanya lonjakan kasus di Indonesia pada bulan Juli 2021 kemarin, nyatanya tidak berkontribusi signifikan terhadap kasus dunia. Mengingat pada waktu yang sama, dunia tengah mengalami penuruan.

Sebaliknya, lonjakan kasus di tingkat global dan beberapa negara, tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap kasus di Indonesia. Terbukti, dengan kasus Covid-19 yang melandai  di saat kasus di negara lain melonjak.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button