Nasional

Pelonggaran Harus dalam Kondisi Terkontrol dan Terukur

INDOPOSCO.ID – Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) datang ke lokasi untuk melihat Percepatan Penanganan Covid-19 Hidayatullah Muttaqin SE, MSI, Pg.D. Dia mengatakan pelonggaran harus dalam kondisi terkontrol dan terukur seiringnya turunnya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Jangan sampai terjadi euforia dengan turunnya level PPKM, kita semua mesti tetap waspada bahaya penularan Covid-19 yang masih terjadi,” katanya seperti dikutip Antara, Selasa (22/9/2021).

Menurut dia, kebijakan pelonggaran tanpa disertai dengan kesiapan mitigasi lonjakan mobilitas penduduk dan kemungkinan pelanggaran protokol kesehatan dapat memicu kembali terjadinya ledakan penularan kasus Covid-19.

Untuk itulah, Taqin menekankan edukasi dan penyediaan fasilitas penunjang protokol kesehatan harus diperkuat. Kemudian kewaspadaan masyarakat tetap dijaga dengan disiplin menggunakan masker dan menjaga jarak. Sedangkan testing dan tracing semakin ditingkatkan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Vaksinasi juga terus digenjot. Seperti di Kalimantan Selatan capaian masih jauh dari target yaitu baru 23 persen untuk dosis 1 dan 14 persen untuk dosis 2. Sedangkan di tingkat nasional masing-masing sudah berada di kisaran 38 dan 22 persen,” paparnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button