Nasional

Proyek Palapa Ring Integrasi Dimulai Tahun Depan

INDOPOSCO.ID – Badan Aksesiblitas Telekomunikasi dan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengharapkan proyek Palapa Ring Integrasi dapat dimulai tahun depan, demi memperkuat jaringan tulang punggung.

“Kalau (proyek ini diluncurkan) tahun depan, kita akan mulai proyek ini dengan segera,” tutur Direktur Utama BAKTI Kominfo, Anang Latif, dalam webinar” Apa Kabar Tol Langit?” Seperti dikutip Antara, Selasa (14/9/2021).

Palapa Ring Integrasi akan menghubungkan ketiga jaringan tulang punggung Palapa Ring Barat, Tengah serta Timur agar semakin andal serta berkualitas. Integrasi tersebut juga akan memperkuat ketahanan ketika terjadi kendala pada salah satu jaringan.

Ketika semua paket Palapa Ring sudah terintegrasi, maka penggunaan jaringan tulang punggung telekomunikasi ini juga akan meningkat. Utilisasi ketiga paket Palapa Ring, menurut Anang, saat ini baru mencapai pada kisaran angka 25 persen hingga 30 persen.

BAKTI sudah membagi rencana Palapa Ring Integrasi ini dalam 2 tahap dengan total kabel serat optik sepanjang 12.803 km. Apabila proyek ini berjalan sesuai jadwal, tahap awal akan berlangsung pada 2022 mencakup 5.226 km.

Pada tahap pertama integrasi, BAKTI akan menghubungkan Palapa Ring Tengah dengan Timur serta mengintegrasikan Palapa Ring ke local exchange terdekat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button