Nasional

DPR Apresiasi Terbitnya Perpres Dana Abadi Pesantren

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatagani Peraturan Presiden (Perpres) Dana Abadi Pesantren. Perpres Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren tersebut mengatur dana abadi pesantren.

“Kami apresiasi dan menyambut baik langkah yang diambil Presiden, karena ini salah satu harapan kami yang notabene dari kalangan pesantren, apalagi intruksi partai jelas untuk memperjuangkan pendidikan pesantren,” ujar Anggota Komisi VIII Fraksi Nasdem Lora Achmad Fadil Muzakki Syah melalui gawai, Selasa (14/9/2021).

Dia menerangkan, pada pasal 3 Perpres 82 Tahun 2021 dijelaskan bahwa pendanaan penyelenggaraan pesantren dikelola untuk pengembangan fungsi pesantren meliputi fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

“Sumber pendanaan penyelenggaraan pesantren diatur di pasal 4, di antaranya dari masyarakat, pemerintah pusat, pemerintah daerah, sumber lain yang sah dan tidak mengikat dan dana abadi pesantren (DAP),” bebernya.

Menurut Perpres juga, masih ujar Lora Fadil sapaan Lora Achmad Fadil Muzakki Syah, pendanaan penyelenggaraan pesantren diatur dalam pasal 5, yakni berupa uang, barang dan atau jasa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button