Nasional

Jaga Minat Baca dengan Perpustakaan Digital

INDOPOSCO.ID – Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi Yosi Mokalu mengatakan, pentingnya digitalisasi perpustakaan agar lebih mudah diakses, terutama di tengah pandemi Covid-19, dan menjaga minat baca masyarakat.

“Saya pikir kita lagi pembatasan ya. Jadi untuk yang hobi membaca dan teman- teman yang sedang menyusun penelitian juga jadi punya cara untuk mengatasinya. Tentu saja dengan digitalisasi ini,” kata Yosi, Senin (13/9/2021).

Yosi menambahkan, kemudahan mengakses perpustakaan berkat adanya digitalisasi juga akan berdampak baik pada literasi digital sehingga masyarakat dapat mencari sumber informasi yang valid tanpa harus mengunjungi satu per satu perpustakaan konvensional.

“Misalnya saat menyusun penelitian, kalau konvensional kan kita masih mencari sendiri penelitian yang serupa yang bisa jadi referensi. Jika secara digital kan tinggal memasukkan kata kunci,” tutur Yosi yang juga merupakan anggota grup musik Project Pop itu.

Selain itu, kata Yosi, perpustakaan digital yang lebih mudah diakses juga dapat mendorong minat baca dan menjaga kemauan untuk kritis dalam mencari informasi yang valid.

“Karena menjaga minat baca serta menjaga kemauan untuk kritis dalam mencari informasi yang valid itu sangat perlu didorong,” imbuhnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button