Nasional

BPP Cijulang, Kementan Dorong Penyuluh Pangandaran Tingkatkan Kinerja

INDOPOSCO.ID – Kapasitas SDM pertanian menentukan peningkatan produktivitas yang menjadi tolok ukur indeks kinerja penyuluh di wilayah binaan masing-masing, terus diupayakan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian di Kementerian Pertanian RI (BPPSDMP Kementan).

Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengingatkan bahwa penyuluh adalah ujung tombang sektor pertanian, karena itu, penyuluh harus terus-menerus meningkatkan kapasitas dirinya agar mampu adaptasi dengan inovasi teknologi terkini, yang terus berkembang pesat.

“SDM pertanian, kata kunci peningkatan produktivitas nasional, dalam konteks pertanian, penyuluh merupakan ujung tombak peningkatan produktivitas pertanian kita,” kata Mentan Syahrul.

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa salah satu faktor penting dalam peningkatan produktivitas adalah inovasi teknologi. Banyak inovasi teknologi dari hulu hingga hilir untuk meningkatkan produktivitas pertanian, jika dimanfaatkan maksimal mampu meningkatkan nilai tambah bagi petani.

“Jadi, penyuluh sekarang jangan hanya bergerak di on farm saja, juga di olahan, itu sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan nilai tambah bagi petani,” katanya saat bertemu penyuluh dan petani pada Selasa (31/8/2021) di Balai Pusat Pertanian (BPP) Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Dengan begitu, lanjut Dedi, jika indeks kinerja penyuluh adalah peningkatan produktivitas di wilayah kerjanya masing-masing. “Tugas utamanya, menggenjot peningkatan produktivitas pertanian, maka inovasi teknologi diterapkan bersama petani di lapangan,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button