Nasional

Industri Kreatif Berpeluang Tumbuh pada Siaran TV Digital

INDOPOSCO.ID – Industri kreatif, terutama konten, berpeluang untuk berkembang jika Indonesia sudah beralih ke siaran televisi terestrial digital.

“Pada siaran televisi digital selain kualitas, isi konten siaran berpeluang untuk berkembang,” kata pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Ismail, saat webinar, Kamis (19/8).

Siaran televisi digital menjanjikan konten siaran yang lebih beragam karena memakai spektrum frekuensi radio yang lebih sedikit dibandingkan siaran analog.

Siaran televisi analog saat ini menggunakan frekuensi 700MHz, satu kanal televisi menggunakan lebar pita 8MHz di frekuensi tersebut. Pada siaran digital, lebar pita 8Mhz bisa menampung hingga 12 kanal televisi.

Menurut Ismail, penyelenggara penyiaran bisa bertambah jika spektrum frekuensi radio digunakan secara lebih efisien. Jika penyelenggara penyiaran bertambah, tentu konten yang hadir di siaran televisi juga akan lebih beragam.

“Konten siaran pun lebih fokus, misalnya siaran untuk (pemirsa) ibu rumah tangga, anak, konten pendidikan, konten hiburan,” katanya, dikutip dari Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button