Nasional

Menteri ATR/BPN Apresiasi Dukungan Pemerintah Daerah Terhadap Tol Trans Sumatera

INDOPOSCO.ID – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan A. Djalil melakukan kunjungan kerja ke sejumlah lokasi di Aceh dan Sumatera Utara. Ia memulai kunjungannya ke Pendopo Bupati Aceh Tamiang didampingi Kepala Kantor Wilayah BPN Aceh, Agustyarsyah pada Senin (09/08/2021). Kedatangannya disambut Bupati Aceh Tamiang, Mursil dan Wakil Bupati Aceh Tamiang, Insyafuddin.

Kunjungan kerja kali ini dalam rangka membahas pengadaan tanah jalan Tol Binjai-Langsa yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. Tol ini akan menghubungkan Kota Langsa di Aceh dan Kota Binjai di Sumatra Utara dengan panjang kurang lebih 130,9 km, di mana pembangunan fisik hingga saat ini telah sampai pada KM 30 dan ditargetkan akan rampung pada Februari 2024.

Sejauh ini, Menteri ATR/Kepala BPN memastikan tidak ada kendala dalam proses pengadaan tanah Tol Binjai-Langsa. Kementerian ATR/BPN melalui Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatera Utara dan pemerintah daerah berupaya mempercepat proses pengadaan tanah pada proyek tersebut sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum.

Menurutnya, Tol Binjai-Langsa akan mendorong pengembangan wilayah sepanjang tol tersebut.

“Kita yakin akan mampu menyelesaikan sesuai dengan harapan. Tidak ada permasalahan. Pembangunan dimulai dari Binjai, mudah-mudahan 2023-2024 sampai ke Langsa. Dengan tol ini, Aceh Timur, Tamiang, Langsa akan berkembang,” ujar Sofyan A. Djalil.

Keesokan harinya, Selasa (10/08/2021), Menteri ATR/Kepala BPN meninjau langsung progres pembangunan jalan Tol Binjai-Langsa di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Usai peninjauan, ia didampingi Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatera Utara, Dadang Suhendi mengunjungi Kantor Pertanahan Kota Medan untuk melihat pelayanan pertanahan yang sedang berlangsung.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button