Nasional

Indonesia Agendakan Tiga Isu Prioritas Untuk Presidency G20 2022

INDOPOSCO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyampaikan ada tiga isu prioritas pada Presidency G20 tahun depan meliputi pemulihan pasca pandemi Covid-19 hingga arus data lintas negara.

“Indonesia menyampaikan tiga isu prioritas bidang digital dalam Presidensi G20 tahun 2022, yaitu: pemulihan pasca pandemi Covid-19 dan konektivitas; literasi digital dan kecakapan digital; dan arus data lintas negara (cross- border data flow),” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dalam keterangan pers seperti dikutip Antara, Senin (9/8/2021).

Indonesia dijadwalkan menjadi Presiden untuk Pertemuan Tingkat Menteri G20 Bidang Digital tahun 2022. Isu yang akan diangkat merupakan cerminan dari tema Presidency G20 Indonesia nanti, yaitu “Recover Together, Recover Stronger”. Tiga isu prioritas ini diharapkan bisa mendorong pemulihan ekonomi dan konektivitas setelah pandemi virus corona.

“Komitmen pemerintah Indonesia dalam menyoroti kemajuan startup sebagai katalis dalam percepatan pemulihan ekonomi. Dalam konteks ini, Indonesia akan melanjutkan salah satu program Italia di G20, yaitu Liga Inovasi Digital (Digital Innovation League) sebagai Jaringan Inovasi Digital (Digital Innovation Network),” kata Johnny.

Liga Inovasi Digital akan memfasilitasi startup untuk memperluas jangkauan, membangun kolaborasi dan kemungkinan Kerjasama dengan modal ventura terbaik di seluruh negara anggota G20.

Sementara itu, keterampilan digital dan literasi digital diperlukan agar ekosistem semakin mahir. Indonesia akan berupaya memperkuat ekosistem digital melalui pemberdayaan bisnis digital dan masyarakat digital.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button