Nasional

Kementerian PUPR Lanjutkan Pembangunan Sodetan Sungai Ciliwung

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melanjutkan pembangunan sodetan Sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan pembangunan sodetan ini akan mengurangi debit banjir Sungai Ciliwung dengan mengalirkan air sebesar 60 meter kubik/detik ke Kanal Banjir Timur, di saat Sungai Ciliwung sudah tidak lagi mampu menampung debit air pada perkiraan debit banjir ulang 25 tahunan sebesar 508 meter kubik/detik.

“Sehingga Insya Allah akan mengurangi risiko banjir pada sebagian wilayah di hilir Sungai Ciliwung, misalnya Kampung Melayu serta Manggarai,” tutur Menteri Basuki seperti dikutip Antara, Kamis (5/8/2021).

Menurut Basuki, pembangunan lanjutan sodetan Ciliwung mengalami perubahan trase sehingga mengurangi panjang terowongan 113 meter dari panjang semula 662 meter menjadi 549 meter saja. Saat ini pekerjaan sodetan akan segera dimulai dan menyisakan pembebasan 6 bidang tanah seluas 10.494 meter persegi yang akan dieksekusi oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat.

“Jika pembebasan lahan sudah selesai, maka berdasarkan pengalaman sebelumnya, konstruksinya bisa selesai lebih cepat” tutur Basuki.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button