Nasional

Bea Cukai Ciptakan Program Revitalisasi Ekspor untuk UMKM

INDOPOSCO.ID – Indonesia memiliki beragam potensi ekspor di berbagai daerah. Meskipun demikian, masih banyak potensi yang belum digali dari para pelaku usaha. Oleh karena itu, pemerintah melalui Bea Cukai dan instansi terkait secara gencar memberikan asistensi ekspor bagi para pelaku usaha dalam negeri.

Upaya menggali potensi ekspor merupakan bagian dari program pemulihan ekonomi nasional. Ekspor menjadi salah satu upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian di tengah pandemi, selain itu lewat ekspor para pelaku usaha juga memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan usahanya.

Bea Cukai terus berupaya memfasilitasi dan membantu usaha-usaha untuk memasarkan produk hasil usahanya di pasar internasional dan usaha yang membutuhkan bahan baku dari luar negeri dibantu dalam proses importasi bahan bakunya. Pada tahun 2017, dibentuk KLInIK Ekspor yang memberikan pemahaman dan informasi terkait ekspor kepada usaha-usaha yang ingin memasuki pasar internasional. Dalam hal ini, diharapkan UMKM yang awalnya berorientasi pada penjualan lokal dapat meningkatkan pasar hingga ke pasar internasional dan berorientasi pada ekspor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button