Nasional

Kominfo: WHO Masih Bolehkan Perjalanan Internasional

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi menanggapi isu yang beredar soal perjalanan internasional yang masih dibuka oleh pemerintah Indonesia di tengah melonjaknya kasus Covid-19 di Tanah Air.

“Menanggapi isu tentang perjalanan internasional, perlu diketahui bahwa WHO tidak pernah menginstruksikan penutupan perbatasan,” katanya dalam keterangan pers harian virtual, Rabu (7/7).

Dedy menjelaskan Organisasi Kesehatan Dunia( WHO) menginstruksikan bahwa selama pandemi Covid-19, perjalanan internasional harus selalu diprioritaskan untuk sejumlah area, di antaranya keadaan darurat dan tindakan kemanusiaan serta perjalanan personel penting maupun tidak tergantikan dan sangat penting.

Demikian pula pemulangan warga negara dan pengiriman barang untuk persediaan penting seperti makanan obat-obatan dan bahan bakar.

WHO juga mengingatkan pentingnya melakukan langkah-langkah mitigasi risiko yang ketat dalam kebijakan ekspedisi internasional. Hal itu bertujuan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di area perjalanan.

“Namun, ditegaskan juga oleh WHO bahwa kebijakan tersebut tidak perlu mengganggu lalu lintas internasional. Negara anggota WHO seperti Indonesia dapat melakukan evaluasi risiko sendiri melalui pendekatan berbagai metode yang ada, termasuk pemberlakuan deklarasi kesehatan atau tes Covid-19,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button