Nasional

Tabung Oksigen Langka, DPR Desak Pemerintah Tak Timbulkan Kepanikan Masyarakat

INDOPOSCO.ID – Beberapa hari lalu, publik dikejutkan dengan kelangkaan tabung oksigen medis di pasaran. Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah agar tidak membuat masyarakat panik.

“Pastikan ketersediaan oksigen di tengah lonjakan kasus Covid-19, agar tidak menimbulkan kepanikan masyarakat,” tegas Netty Prasetiyani Aher melalui gawai, Minggu (4/7/2021).

Ia menjelaskan, lonjakan permintaan tabung oksigen karena tabung oksigen diperlukan oleh RS yang menangani kasus Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat. Pasien kasus positif dengan gejala terus meningkat, sementara ketersediaan ruang isolasi di fasilitas kesehatan (faskes) rujukan di beberapa daerah penuh.

“Pasien positif dengan gejala ringan hingga sedang terpaksa isolasi mandiri di rumah dengan menyiapkan keperluan perawatannya, termasuk tabung oksigen,” katanya.

Secara nasional BOR rumah sakit di Indonesia mencapai 72 persen, sedangkan Wisma Atlet sudah mencapai 90 persen. “Di beberapa daerah terjadi antrean pasien di IGD. Kondisi ini mengkhawatirkan jika tidak segera diantisipasi dengan persiapan rumah sakit darurat,” ucapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button