Nasional

Naskah Akademik dan Draf RUU PKS Masih Disusun

INDOPOSCO.ID – Naskah akademik dan draf Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) masih dalam tahap penyusunan. Badan Legislatif (Baleg) DPR RI masih menghimpun masukan dari masyarakat.

“RUU tersebut disusun naskah dan drafnya oleh Badan Legislasi, masih dalam tahapan mengumpulkan masukan,” kata Anggota Baleg DPR RI Ledia Hanifa Amaliah seperti dikutip Antara, Rabu (23/6/2021).

Ia mengatakan Badan Legislatif DPR RI masih akan terus menghimpun masukan dari berbagai kelompok masyarakat. Sejauh ini, Baleg telah menerima masukan dari sejumlah pihak, termasuk di antaranya Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan). Pertemuan antara Baleg DPR RI dan perwakilan Komnas Perempuan berlangsung pada 29 Maret 2021.

Dalam pertemuan itu, Anggota Baleg DPR RI Almuzzamil Yusuf mengingatkan bahwa draf RUU Penghapusan Kekerasan Seksual harus disusun secara lengkap. Oleh karena itu, masukan dari berbagai pihak, selain Komnas Perempuan, juga perlu didengar oleh Baleg, kata Almuzzamil.

Ia juga berharap Badan Legislatif memperhatikan peran lembaga pernikahan saat menyusun aturan-aturan dalam draf RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.

Dalam pertemuan itu, ia turut menyoroti pentingnya mengatur hubungan seksual di luar pernikahan sebagai masalah hukum.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button