Nasional

Terima Kunjungan Kerja, Sinergi Bea Cukai Bersama Instansi Lainnya

INDOPOSCO.ID – Dengan tetap berusaha mempercepat dan mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN), Bea Cukai senantiasa menerima kunjungan serta sinergi dengan pemerintah daerah setempat guna meningkatkan kualitas pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai. Kali ini, Bea Cukai diwakili Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur serta Kanwil Bea Cukai Jatim I menyelenggarakan rangkaian kegiatan kunjungan dan sinergi bersama pihak lain tersebut.

Plt Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Hatta Wardhana, mengungkapkan bahwa kegiatan sinergi dan penerimaan kunjungan ini dalam rangka menjalin silaturahmi serta kerja sama yang baik antar instansi di bidang Kepabeanan dan Cukai. Lebih lanjut lagi, Hatta menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan Bea Cukai kali ini lebih membahas peluang-peluang ekspor tiap daerah guna mendukung program PEN milik pemerintah.

“Kali ini, beberapa kantor Bea Cukai di berbagai daerah menerima kunjungan kerja sekaligus dalam rangka sinergi antar instansi di bidang kepabeanan dan cukai. Masing-masing dari kegiatan tersebut diadakan atas harapan agar mampu mendukung program PEN yang dicanangkan pemerintah. Peluang ekspor yang dimiliki tiap daerah pun dibahas dalam rangkaian kegiatan yang dilakukan,” ungkap Hatta.

Di Provinsi Sulawesi Barat, Kanwil Bea Cukai Bagian Selatan bersama perwakilan Kemenkeu Sulawesi Barat melakukan kunjungan ke Gubernur dan jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dengan agenda diskusi perumusan dan penjajakan aturan di bidang kepabeanan dan cukai. Penjajakan ini juga menjadi bentuk sinergi nyata dalam wujudkan mimpi dalam membangun perekonomian Sulawesi Barat yang lebih kokoh dan berkelanjutan dengan mengakselerasi tumbuhnya industri berorientasi ekspor.

Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagsel, Parjiya, mengatakan bahwa Provinsi Sulawesi Barat ini memiliki peluang-peluang kegiatan bidang kepabeanan dan cukai yang mumpuni. Sinergi dan kerja sama lintas institusi juga diharapkan mampu diwujudkan dan dapat menstimulasi perekonomian di Provinsi Sulawesi Barat ini.

“Poin-poin penting dalam peningkatan kualitas layanan dan pengawasan Kepabeanan dan Cukai di Sulawesi Barat saya kerucutkan pada beberapa issue strategis, yaitu salah satunya berkaitan dengan potensi pembentukan unit kerja pengawasan dan pelayanan Bea dan Cukai di Sulawesi Barat. Dengan adanya kerjasama sinergi lintas institusi diharapkan banyak program kerja yang mampu mewujudkan peningkatan kualitas pengawasan dan pelayanan kepabeanan dan cukai di wilayah provinsi Sulawesi Barat, yang praktisnya akan langsung ber dampak nyata dalam menstimulasi perekonomian di provinsi Sulawesi Barat,” tutup Parjiya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button