Nasional

Implementasikan Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara

INDOPOSCO.ID – Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri mengingatkan agar Pancasila bukan sekadar menjadi jargon, melainkan diimplementasikan dalam kehidupan bernegara.

“Pancasila jangan selalu menjadi jargon. Pancasila dibutuhkan bangsa ini untuk diimplementasikan,” kata dia dalam sambutannya secara daring pada Peresmian Monumen Bung Karno, di halaman Kantor Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI, Jakarta, Kamis (20/5).

Terlebih, lanjut Megawati, oleh insan-insan Lemhannas yang sudah digembleng atau yang sedang digembleng, tempatnya para calon pemimpin dari seluruh penjuru Tanah Air, berkumpul, bertemu untuk bergotong royong, melakukan kerja kolektif, dan yang paling penting merumuskan jalan untuk Indonesia Raya.

Megawati yang hadir pada acara peresmian Patung Proklamator RI Bung Karno di Gedung Lemhannas, bersama putrinya yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan patung Bung Karno itu hendaknya menjadi pengingat, agar lembaga itu benar-benar menggembleng insan calon pemimpin yang benar-benar melaksanakan Pancasila.

Dia menyiratkan agar jangan alergi dulu dengan Pancasila, karena Bung Karno mengatakan dasar negara Indonesia merdeka adalah Pancasila.

“Tetapi Bung Karno tak pernah menyatakan dirinya sebagai penemu Pancasila. Bung Karno hanya seorang penggali Pancasila bagi elemen jiwa bangsa Indonesia,” kata Megawati, seperti dilansir Antara.

Karena itulah, dia menyatakan, seharusnya semuanya harus membuka mata batin, pikiran, dan jiwa, dan benar-benar konsisten, serta sungguh-sungguh menjalankan Pancasila.

Dikaitkan dengan insan Lemhannas, kata Megawati, diharapkan ketika tiba saatnya mereka menjadi pemimpin, mereka telah memiliki pemahaman yang sama, terkait dengan sendi-sendi kehidupan bernegara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button