Nasional

Pemerintah Godok SOP Prokes di Tiga Destinasi Favorit

INDOPOSCO.ID – Standar Operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan untuk proyek contoh pembukaan destinasi pariwisata di tiga titik lokasi di Indonesia, yaitu Bintan, Batam dan Bali (3B) tengah digodok pemerintah.

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Febry Calvin Tetelepta mengatakan melalui upaya ini pemerintah ingin memastikan kunjungan wisatawan tidak akan memicu masuknya varian virus baru dan menjamin wisatawan dalam kondisi sehat.

“SOP protokol kesehatan akan melibatkan kerja sama dari pemerintah pusat dan daerah serta masyarakat,” ungkapnya di Gedung Bina Graha Jakarta, Jumat (7/5/2021).

Dalam Rapat Koordinasi yang diikuti Kemenlu, Kemenparekraf, Kemenkumham, Kemenkominfo, Kemenkes, BNPB dan Pemda, Febry merinci SOP protokol kesehatan tersebut termasuk pengawasan pelaksanaan dan tracking/tracing wisatawan.

Dalam persiapan pelaksanaan pilot project 3B, kementerian/lembaga dan pemerintah daerah saling berkoordinasi untuk menyiapkan destinasi yang akan dibuka.

Kementerian Luar Negeri sudah menjalankan Travel Corridor Arrangement (TCA) yang merupakan koridor perjalanan untuk memfasilitasi perjalanan untuk keperluan bisnis, diplomatik dan perjalanan dinas, dengan China, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Singapura.

Selain itu, lanjut Febry, Kementerian Hukum dan HAM sedang menyiapkan kebijakan untuk mendukung visa wisatawan, berupa revisi Permen Kumham Nomor 26/2020.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button