Nasional

Ini Strategi Luhut Perkuat Penanganan Covid-19

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 Luhut B. Pandjaitan mengatakan pemerintah tengah menyusun strategi utama untuk memperkuat upaya penanganan Covid-19.

Menurut Luhut, saat ini semua pihak harus meningkatkan strategi untuk menyempurnakan dan meningkatkan kedispilinan dari berbagai cara yang telah dilakukan.

“Ada tiga target yang ingin dicapai dalam penanganan Covid-19 saat ini, yaitu menurunkan penambahan kasus harian, menurunkan angka kematian dan meningkatkan kesembuhan. Untuk mendorong target ini, pemerintah menyusun empat strategi utama yang akan dilakukan,” ujar Luhut dalam Diskusi Penanganan Pandemi Covid-19 yang dilakukan secara virtual, Kamis (4/2/2021).

Strategi pertama, lanjut Luhut, adanya peningkatan perubahan perilaku masyarakat dalam menangani Covid-19 dengan melakukan operasi perubahan perilaku serta kampanye protokol kesehatan secara sistematis di masyarakat yang melibatkan berbagai kalangan.

“Serta melakukan deteksi awal penyebaran Covid-19 dengan mendorong strategi pemeriksaan (testing) dan pelacakan (tracing) yang agresif dan tepat sasaran. Kita berharap penyebaran informasi dan kampanye dapat bergerak secara masif dengan melibatkan berbagai lembaga lain, seperti Kemenag dengan mengajak pemuka agama, dan juga Kemendikbud,” ucapnya.

Pembangunan fasilitas isolasi terpusat juga menjadi strategi berikutnya yang diutamakan dalam penanganan Covid-19. “Pemanfaatan wisma atlet untuk wilayah Jabodetabek sudah tepat, sehingga dapat menjadi tempat isolasi terpusat, dan dapat membantu mengurangi penyebaran penularan ke keluarga dan menurukan keterisian rumah sakit,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button