Megapolitan

Pengamat Sebut Rencana Uji Coba MLFF di Tol Jagorawi dan JORR S Tepat

INDOPOSCO.ID – Pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia Toto Pranoto mengatakan pemasangan tiang sensor atau gantry sistem transaksi pembayaran tol nirsentuh tanpa henti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Tol Jagorawi dan Jakarta Outer Ring Road (JORR) S merupakan kebijakan yang tepat.

“Lalu lintas di Jakarta Selatan relatif padat, banyak kawasan suburban yang melingkari kawasan tersebut sehingga arus lalu lintas menjadi padat. Ini menjadi lokasi yang tepat untuk melakukan uji coba MLFF dalam rangka mengukur efektivitas aplikasi tersebut,” ujar Toto saat dihubungi di Jakarta, seperti dikutip Antara, Selasa (25/10/2022).

Menurut dia, pemasangan sistem transaksi pembayaran tol dengan model teknologi MLFF adalah upaya mempercepat proses pembayaran transaksi tol, sehingga waktu proses transaksi menjadi lebih cepat.

“Ini akan berdampak pada pengurangan kemacetan di jalan tol. Penggunaan teknologi baru ini bisa menjadi alternatif tambahan bagi penggunaan pembayaran tap kartu e-toll yang sekarang dijalankan,” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melakukan pemasangan tiang sensor MLFF di dua ruas jalan tol.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button