Megapolitan

Serobot Jalur Sepeda, Dishub DKI Minta Ada Penegakan Hukum

INDOPOSCO.ID – Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengharapkan ada penegakan hukum bagi penerobos jalur sepeda di Ibu Kota karena masih sering terjadi penyerobotan jalur khusus tersebut oleh pengemudi kendaraan bermotor.

“Nanti kami akan mengadakan ‘Focus Group Discussion’ (FGD) dengan Polda Metro Jaya. Kami akan coba masukan penegakan hukumnya,” kata Kepala Seksi (Kasi) Rekayasa Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Hendry Sampurna saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (24/9/2022).

Dia mengatakan, di jalur sepeda sudah terpasang rambu-rambu. Kemudian ada petugas sebagai pengawasannya.

Berita Terkait

Terlebih, lanjut Hendry, pihak dinas juga telah melakukan sosialisasi melalui berbagai ruang publikasi, termasuk memberitahu para wali kota di lima wilayah Kota Jakarta tentang adanya jalur sepeda di wilayahnya secara rinci.

Selain itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menyelaraskan aturan untuk jalur sepeda dengan berbagai program yang ada di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, terutama “Elektronic Traffic Law Enforcement” (ETLE) atau tilang elektronik.

“Jadi mungkin saja kita ke depan akan menggunakan kamera ETLE juga, kami sekarang sedang coba menyelaraskan dengan programnya Ditlantas Polda Metro Jaya yang sedang menggalakkan ETLE,” katanya.

Terlebih ada rencana untuk menggunakan ETLE portable. “Nanti kami sosialisasikan kembali ke Polda Metro Jaya kemungkinan sekitar Oktober,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button