Megapolitan

Gelar Pelatihan, Kementan Ajak Petani Beralih ke Pupuk Organik

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Jimmy Hantu Foundation dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwilsus Bogor menggelar pelatihan petani mandiri pangan.

Pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan keahlian petani agar mampu berinovasi membuat pupuk organik yang mudah dan murah sehingga menjadi solusi di tengah naiknya harga pupuk kimia, menghemat biaya produksi tanpa mengurangi hasil produksi.

Leader Tim Propaktani Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Ugi Sugiharto mengapresiasi Jimmy Hantu Foundation dan ICMI Orwilsus Bogor atas terselenggaranya pelatihan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Propaktani secara gratis selama 3 dengan tema Pelatihan Menjadi Petani Mandiri Pangan.

Diharapkan seusai pelatihan para peserta dapat terus menerapkan ilmu dan pengalaman praktik bertani selama mengikuti pelatihan, sehingga hasil pelatihan dapat terus berjalan berkelanjutan dan dapat terlihat perkembangan hasilnya.

“Kami siap berkolaborasi dengan Jimmy Hantu Foundation. Kedepannya kami harapkan Jimmy Hantu Foundation bisa berkolaborasi dengan kelompok tani binaan Kementan, sehingga pelatihan dari Jimmy Hantu Foundation bisa memberikan manfaat yang nyata dan lebih luas lagi di lapangan,” kata Ugi di Jakarta, Senin (29/8/2022).

Ketua III Bidang Ekonomi ICMI Orwilsus Bogor, Jupri Jamaludin mengatakan pelatihan pertanian ini merupakan wujud kepedulian ICMI kepada masyarakat sehingga diharapkan kader-kader ICMI khususnya, mampu mengolah tanah wakaf yang mereka peroleh. Karenanya ia berpesan agar pondok pesantren yang memiliki lahan kosong, melalui pelatihan ini dapat mengolah tanah tersebut menjadi lahan pertanian sehingga lebih bermanfaat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button