Megapolitan

Warga Depok Sudah Lama Terapkan Sikap Toleransi

INDOPOSCO.ID – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menegaskan Kota Depok sejak bertahun-tahun lalu telah menerapkan sikap toleransi antarmasyarakat, baik sosial dan agama, sehingga kehidupan masyarakat sudah tercipta dengan rukun dan guyub.

“Kota Depok sudah bertahun-tahun hidup rukun, guyub, kita nyaman-nyaman saja. Semuanya toleran di Kota Depok. Kita hidup rukun-rukun saja,” katanya di Depok, Rabu (6/4/2022), seperti dikutip Antara.

Menanggapi survei yang dilakukan oleh Setara Institute yang menyatakan Kota Depok termasuk sebagai kota intoleran, ia menegaskan Kota Depok menjadikan toleransi dan keberagaman sebagai pilar utama dalam misi ketiga yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2021-2026, yakni

“mewujudkan masyarakat yang religius dan berbudaya berbasis kebhinekaan dan ketahanan keluarga”.

Baca Juga : Perbaikan Jalan di Depok 10 Km Ditargetkan pada 2022

Dikatakannya untuk mengimplementasikannya kebijakan afirmasi dan keberpihakan bagi kehidupan beragama dilakukan dengan berkeadilan. Di antaranya program Dana Insentif untuk para pembimbing rohani bagi semua agama dan pembuatan izin mendirikan bangunan (IMB) gratis bagi rumah Ibadah.

“Ada juga hibah bagi rumah Ibadah dan stakeholder keagamaan serta dukungan bagi Forum Kerukunan Umat Beragama di kota Depok,” katanya.

Menurutnya semua upaya dilakukan agar hak kebebasan beragama warga dapat dijunjung tinggi. Penghormatan atas perbedaan dihormati, dan toleransi kemajemukan dan kebhinekaan diwujudkan.

Imam mengatakan beberapa kawasan di Kota Depok, bahkan sejak zaman Perumnas dibangun juga menjadi kawasan yang sangat majemuk yang melambangkan toleransi, yakni perbedaan keyakinan dapat hidup berjalan berdampingan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button