Megapolitan

Bea Cukai Soekarno-Hatta Lancarkan Impor Vaksin dan Alkes Hibah Australia

INDOPOSCO.IDBea Cukai Seokarno-Hatta kembali memberikan pelayanan dalam bentuk pelayanan segera (rush handling) terhadap importasi1.200.000 dosis vaksin Astrazeneca dan1.201.200 buah alat kesehatan (alkes) hibah dari Pemerintah Australia.

Kedatangan barang hibah yang menjadi bentuk dukungan Australia terhadap penanganan Covid-19 di Indonesia tersebut merupakan pengiriman tahap pertama dari total hibah 2,5 juta dosis vaksinpada tahun 2021 melalui mekanisme bilateral atau B to B.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74 Tahun 2021, rush handling merupakan pelayanan kepabeanan diberikan atas barang impor tertentu karena karakteristiknya peka kondisi, dan/atau peka waktu sehingga perlu segera dikeluarkan dari kawasan pabean. Janji layanan rush handling untuk vaksin adalah dua jam sejak permohonan diterima. Selain fasilitas tersebut, atas importasi yang datang pada tanggal 19 November 2021 lalu, Bea Cukai Soekarno-Hatta juga meberikan fasilitas fiskal berupa pembebesan bea masuk, pajak pertambahan nilai (PPN), dan PPh Pasal 22 Impor,” jelas Kepala Kantor Bea Cukai Soekaro-Hatta, Finari Manan, pada Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: Terus Dorong Ekspor Dalam Negeri, Bea Cukai Beri Asistensi kepada Pelaku Usaha

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button