Megapolitan

200 Napi di Lapas Kelas IIA Tangerang Ikuti Screening HIV/AIDS

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 200 warga binaan atau narapidana (napi) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tangerang mengkuti screening HIV/AIDS.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dengan Lapas Kelas IIA Tangerang, dalam rangka Hari AIDS sedunia yang akan jatuh pada tanggal 1 Desember.

Penanggung jawab program HIV/AIDS Penyakit dan Infeksi Menular Seksual (PIMS) Dinkes, Farida Helmy menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melacak dan screening Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) karena gejala ODHA tidak dapat diketahui jika tidak dilakukan pemeriksaan.

“Jadi, screening ini harus dilakukan secara masif supaya terlihat mana ODHA dan mana yang tidak. Karena gejala-gejala awal AIDS itu sering tidak terlihat secara fisik. Mereka semua sama dengan yang sehat, tetapi kekebalan imunnya yang sudah turun drastis. Maka dari itu, harus dilakukan pemeriksaan agar dapat terdeteksi sejak dini,” ungkap Helmy, Jumat (19/11/2021).

Helmy menjelaskan, ada kategori orang-orang yang wajib memeriksakan diri untuk melihat, apakah dirinya terpapar HIV atau tidak. Orang-orang yang harus memeriksakan diri yaitu, orang dengan TBC, pasien Infeksi Menular Seksual (IMS), transgender, pengguna narkoba jarum suntik, lelaki seks lelaki (LSL), wanita pekerja seks (WPS) dan ibu hamil.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button