Megapolitan

PAM Jaya: 44 Persen Perpipaan Bocor Akibat Kerusakan Fisik

INDOPOSCO.ID – PD PAM Jaya menyatakan ada kebocoran hingga 44 persen dalam sistem perpipaan air minum secara keseluruhan terutama akibat kerusakan fisik dan kebocoran komersial.

“Kebocoran fisik itu yang dari perpipaan dan kebocoran komersial itu dari meteran (yang diatur ilegal) dan ada ilegal taping,” kata Direktur Utama PD PAM Jaya, Bambang Hernowo, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Menurut Bambang, kalau melihat komponen terbesarnya adalah kebocoran fisik sebesar 80 persen dalam 44 persen itu akibat ada pipa yang sudah tua, 25 tahun dari seharusnya berusia maksimal 20 tahun,” tuturnya.

Berita Terkait

Bambang menyebut, lokasi kebocoran terbesar, berada di wilayah Jakarta Utara di mana infrastrukturnya sangat mempengaruhi perpipaan di lokasi tersebut, kemudian di kawasan Pulomas Jakarta Timur, yang diduga karena adanya tekanan tinggi.

“Di Jakarta Utara, infrastukturnya banyaknya cor-coran gedung bertingkat mempengaruhi beban dan kekuatan perpipaan, tekanannya terus bertambah,” ujarnya, seperti dikutip Antara.

Bambang menyebut, angka kebocoran tersebut mengalami penurunan dari sebelumnya yang mencapai 58 persen.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button