Megapolitan

Anies: Indonesia Adalah Persenyawaan, Bersatu Dalam Tujuan

INDOPOSCO.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbicara tentang esensi Sumpah Pemuda yang jarang disadari oleh sebagian orang. Banyak pelajaran penting dapat dipetik dari sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia itu.

“Pelajaran penting Sumpah Pemuda yang jarang disadari: pemuda masa itu telah berhasil menghadapi ketidakadilan (kolonialisme),” kata Anies dalam akun Instagram miliknya @aniesbaswedan, Kamis (28/10/2021).

Menurutnya, para pemuda saat itu sadar dan yakin bahwa kemerdekaan sejati akan dicapai, saat yang beda latar belakang, bersedia bersatu dalam tujuan. “Itulah esensi Sumpah Pemuda,” jelas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Ia mengibaratkan, Indonesia seperti persenyawaan, unsur-unsur bangsa ini bergabung dan membentuk entitas baru: Indonesia. Persenyawaan bila diuraikan ke unsur pembentuknya, maka hilang.

“Bersatu dalam tujuan, tidak berarti elemennya hilang. Yang Minang tetap Minang, Sunda tetap Sunda, Bugis tetap Bugis, tidak berubah. Dengan persenyawaan, unsur-unsur itu membentuk entitas baru bernama Indonesia,” terangnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button