Nasional

ILUNI UI: Semangat Sumpah Pemuda Penggerak Tuntaskan Masalah Bangsa

INDOPOSCO.ID – Di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai, polarisasi yang menguat kembali kini mengancam di tengah masyarakat. Isu polarisasi yang kian menguat itu bisa mengancam persatuan bangsa.

Pernyataan tersebut diungkapkan Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Andre Rahadian saat peringatan Hari Sumpah Pemuda secara daring, Kamis (28/10/2021).

Ia mendorong agar semangat Sumpah Pemuda menjadi penggerak dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa saat ini dan meluncurkan gerakan kohesi kebangsaan.

“Pandemi yang terjadi saat ini tak hanya menjadi ‘test of a nation’, Covid-19 telah membuka kotak pandora terpolarisasinya bangsa yang selama ini tersimpan dan tertutup rapi dalam kelompok-kelompok anak bangsa,” katanya.

Ia menjelaskan, gerakan kohesi kebangsaan mendorong segenap elemen bangsa untuk merefleksikan dan menggali kembali pilar-pilar kebangsaan secara kontekstual, mempromosikan identitas bersama dan mendorong kepemimpinan nasional bersikap terbuka dan kolaboratif.

Kami akan melakukan berbagai aktivitas dan mengajak semua anak bangsa bergotong-royong terlibat dalam gerakan kohesi kebangsaan, membangun Indonesia yang diharapkan bersama,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button