Megapolitan

Permudah Layanan Pengguna KITE, Bea Cukai Tangerang Luncurkan Aplikasi SIDETA

INDOPOSCO.ID – Berada di tengah pandemi Covid-19 menuntut instansi pemerintah untuk mengoptimalkan teknologi pada setiap proses bisnisnya. Menjawab tantangan ini, Bea Cukai Tangerang menciptakan aplikasi SIDETA sebagai media untuk mempermudah pelayanan khususnya pengeluaran barang bagi pengguna fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE).

KITE merupakan fasilitas perlakuan kepada barang impor atau barang rakitan yang akan diekspor dan dapat diberikan keringanan bea masuk. Fasilitas ini merupakan kebijakan dari Menteri Keuangan yang pelaksanaannya dilakukan oleh Bea Cukai.

Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Guntur Cahyo Purnomo secara daring melalui acara pengenalan aplikasi SIDETA menjelaskan bahwa SIDETA merupakan akronim dari Sistem Informasi BC 2.4 Tangerang. Sesuai Perdirjen Bea Cukai nomor PER-4/BC/2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 160/PMK.04/2018, bahwa pengguna fasilitas KITE pembebasan dapat mengeluarkan sisa hasil produksi kepada pihak lain di dalam negeri yang bukan pengguna fasilitas kepabeanan dengan menggunakan dokumen BC 2.4 yang disampaikan ke Kantor Bea Cukai. Kini, pengguna fasilitas KITE di Tangerang Raya cukup menyampaikan dokumen tersebut melalui Aplikasi SIDETA yang dilakukan dengan pertukaran data elektronik secara online tanpa harus datang ke Kantor Bea Cukai Tangerang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button